berita terbaru KumoSync - Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer

KumoSync - Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer - Apakah Anda mengalami kesulitan setiapkali mengakses Google Docs? kalau begitu, segeralah gunakan saja KumoSync! Pasalnya dengan KomoSync, segala permasalahan Anda dalam upaya mengakses Google Docs niscaya dapat dengan mudah Anda tanggulangi sendiri tanpa bantuan orang lain dan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun juga.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Bagi yang masih bingung atau belum mengetahui apa itu KumoSync, perlu diketahui kalau KumoSync itu adalah sebuah program gratisan berbasis Windows yang dapat dipergunakan untuk melakukan sinkronisasi file-file dokumen yang ada di tempat penyimpanan Cloud Google Docs dengan tempat penyimpanan lokal. Atau dengan kata lain, aplikasi ini dapat berfungsi untuk membuat backup dokumen lokal Anda ke dalam sistem penyimpanan awan (Storage cloud) Google dan mencegah kehilangan data jika terjadi kegagalan perangkat keras.
Untuk membuat dan mengedit file yang ada di Google Docs dengan lebih mudah hanya melalui sebuah program desktop KumoSync, dan bahkan juga bisa dipergunakan untuk membuat file dokumen di Google Docs walau tidak ada koneksi Internet sekalipun. Semua sinkronisasi bekerja tersembunyi dibalik layar Windows Anda. Dan Anda tidak perlu lagi memikirkan apapun lagi terkait pengoperasian backup secara manualnya.
Program KumoSync saat ini telah memasuki versi 1.1.26. Dan bagi Anda yang bernaung di bawah sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 yang berarsitektur 32 bit maupun 64 bit, kabarnya praktis dapat mempergunakan program windows gratisan ini. Hal ini mengingat keberadaan program KumoSync ini memang khusus dirancang untuk memiliki kekompatibilitasan terhadap sistem operasi yang telah disebutkan tadi. Dan pengoperasiannya sendiri, cukup hanya membutuhkan tools tambahan seperti Microsoft Net Framework 3.5.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Dengan keberadaan program KumoSync, account Google Docs secara berkala akan tetap terus dipantau dan dokumen yang telah dibuat atau diubah pun akan secara otomatis di download ke sistem penyimpanan lokal di komputer Anda. selain itu, Anda juga dapat memulai sinkronisasi secara manual dengan cara mengklik ikon taskbar KumoSync yang ada.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Dalam sistem penyimpanan lokal, semua dokumen online di Google Docs secara sinkronisasi di-download dan disimpan dalam bentuk format file yang sama dengan format dokumen saat pertama dibuat atau dikonversi, seperti dokumen Microsoft Word (DOC), spreadsheet Excel (XLS), dan lain sebagainya. Berdasarkan setingan yang ada, jika format file dalam bentuk Word atau Excel maka KumoSync dapat mengkonversikannya masing-masing ke Google Docs atau dengan kata lain hanya meng-upload tanpa perlu untuk mengubahnya. Jika dokumen lokal akan dihapus, maka KumoSync akan memberi konfirmasi apakah akan menghapus dokumen yang bersangkutan dari Google Docs juga, dan sebaliknya.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Hasil instalan program KumoSync akan muncul di taskbar dalam bentuk icon. Untuk penggunaan yang optimal, Anda dapat mengklik kanan pada icon yang ada guna pengaturan setup sync foldernya. Anda dapat menentukan satu atau lebih folder untuk sinkronisasi dengan Google Docs. Folder dokumen lokal juga dapat diatur yang tampak terlihat seperti huruf drive saja. Program KumoSync dapat melakukan sinkronisasi semua file dalam account Google Docs atau hanya kumpulan (koleksi) tertentu. Sinkronisasi seluruh rangkaian folder lokal dengan satu set kumpulan (koleksi) yang berbeda dianggap ‘eksperimental’ dan harus ditangani dengan benar. Demikian juga saat mencoba melakukan sinkronisasi folder lokal yang memiliki tingkatan subfolder di dalamnya, kabarnya acapkali tidak diperoleh hasil yang diharapkan.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Setelah sinkronisasi diatur, KumoSync akan men-download Google Docs yang ada dan meng-upload dokumen lokal ke Google. Dokumen yang disinkronisasi biasanya tidak hanya dilihat dari apakah dokumen tersebut berubah di lokal atau di Google Docs saja, melainkan juga berkaitan dengan salah satu cara settingan backup-nya. Misalnya ketika Anda hanya mengedit file secara lokal maka Anda dapat menggunakan opsi ‘Local to Google Documents’ sehingga dengan begitu memungkinkan membackup dari file lokal ke Google Docs.
KumoSync, Aplikasi Sinkronisasi Google Docs ke Komputer Anda Image
Dalam beberapa kasus tertentu, program KumoSync ini kabarnya terkadang memunculkan kejadian-kejadian yang tidak biasa dan tak terduga. Sebagai contoh, seandainya file dokumen Word di lokal dibuka dengan menggunakan Microsoft Word maka terkadang muncul konfirmasi apakah documen tadi juga perlu dihapus dari Google Docs atau tidak, dan setelah file dokumen tadi selesai diedit dengan menggunakan Microsoft Word maka secara otomatis akan disinkronisasikan kembali ke Google Docs. Sedangkan bila file spreadsheet Excel di lokal yang dibuka menggunakan Microsoft Excel, kabarnya tampilan berbeda dengan yang ada di Google Docs dan bahkan menghasilkan peringatan ‘file is locked’ selama sinkronisasi berlangsung.
Berikut fitur utama yang diusung program KumoSync 1.1.26 ini :
  • SIMPLE: Mudah digunakan dan dikonfigurasi.
  • MULTIPLE ACCOUNTS: Sinkronisasi satu atau beberapa account Google dengan struktur direktori Windows local.
  • SUB-FOLDERS/COLLECTIONS: Konfigurasi terhadap folder lokal yang Anda ingin sinkronisasi dan kontrol jika Anda ingin untuk melakukan sinkronisasi sub-folder.
  • AUTOMATIC: Secara otomatis melakukan sinkronisasi perubahan dibalik latar belakang Windows.
  • DRIVE LETTERS (G Drive): Konfigurasi drive direktori Windows untuk mengakses folder dokumen Google Docs secara lokal di komputer Anda.
  • Opsi konfirmasi hapus manual terhadap keberadaan dokumen saat terjadi penghapusan.
Kesalahan sinkronisasi juga dapat terjadi jika nama file yang dimaksud berisi karakter dari kode halaman yang berbeda. Maka dari itu, berhati-hatilah saat melakukan sinkronisasi terhadap folder yang memiliki sub-folder di dalamnya. Lebih aman untuk membuat pemetaan yang terpisah untuk setiap folder lokal ke kumpulan (koleksi) Google Docs dibanding menggunakan eksperimental opsi ‘Sync local sub-folders with the Google document collection’.


10out of 10 based on 41630 ratings. 1 user reviews.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Total Tayangan Laman