berita terbaru CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN

wanita hamilCara Menghitung Usia Kehamilan – Masih banyak kasus dimana seorang ibu yang sedang mengandung atau pasangannya bingung dan tidak tahu bagaimana menghitung usia kehamilan janin sang ibu. Jika pada postingan kesehatan yang lalu saya sudah memberikan artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita serta Tanda Tanda Kehamilan, maka untuk kali ini saya akan memberikan tips Cara Menghitung Usia Kehamilan yang akan sangat berguna bagi sang ibu dan pasangan untuk mengetahui usia kehamilan. Informasi ini saya sajikan dan olah dari berbagai sumber terpercaya.

Untuk mengetahui Cara Menghitung Usia Kehamilan, silahkan anda simak beberapa penjelasan metode untuk Menghitung Masa Kehamilan di bawah ini :
Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Siklus Haid.
Pada metode ini, daur haid yang jadi patokan untuk menentukan usia kehamilan sang ibu. Berdasarkan tanggal haid terakhir, dokter dapat memperkirakan usia kehamilan dan tanggal kelahiran si kecil yang dihitung berdasarkan rumus Naegele, yakni dengan menambahkan tanggal haid terkahir dengan 7 (hari+7), mengurangkan bulan bulan dengan 3 (bulan–3), dan menambahkan tahun dengan 1 (tahun+1). Contohnya, bila haid terakhir tanggal 1 Juni 2011, maka hari atau tanggal yakni 1 ditambah 7 menjadi 8, Bulan Juni dikurang 3 menjadi Maret dan tahun ditambah 1 menjadi 20012. Perkiraan tanggal persalinan adalah 8 Maret 2012.
Catatan:
  • Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap.
  • Cara Menghitung Usia Kehamilan ini hanya bisa diterapkan pada wanita yang daur haidnya teratur, yakni antara 28-30 hari.
  • Perkiraan tanggal persalinan sering meleset antara 7 hari sebelum atau setelahnya. Hanya sekitar 5% bayi yang akan lahir sesuai perhitungan ini.
Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Gerakan janin
Pada kehamilan pertama, gerakan janin mulai terasa sesudah usia kehamilan 18-20 minggu.
Pada kehamilan ke-2 dan seterusnya, gerakan janin sudah terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.
Memasuki trimester ke-3 usia kehamilan, gerakan janin akan semakin kuat dan sering. Namun, tak jarang janin justru kurang aktif bergerak.
Catatan: Perkiraan ini dilakukan bila Anda lupa hari pertama haid terakhir.
Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Tinggi puncak rahim
Pada pengukuran ini, dokter akan meraba puncak rahim (fundus uteri) yang menonjol di dinding perut. Di sini, usia kehamilan dihitung dengan 3 cara yang dimulai dari tulang kemaluan.
  • Memakai satuan cm
  • Kalau jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu.
  • Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, dan ini menunjukkan usia kehamilan 36 minggu.
Catatan: Ukuran ini tidak akan bertambah lagi, meski usia kehamilan mencapai 40 minggu. Kalaupun tingginya bertambah, kemungkinan bayi Anda besar, kembar, atau cairan tubuh Anda berlebih.
Cara Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan 2 jari tangan
Jika jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim masih di bawah pusar, setiap penambahan 2 jari berarti penambahan usia kehamilan sebanyak 2 minggu. Bila jarak tadi sudah di atas pusar, setiap penambahan 2 jari sama dengan bertambahnya usia kehamilan 4 minggu.
Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Membandingkan tinggi puncak rahim dan tinggi pusar
Kalau sama-sama tinggi, ini berarti usia kehamilan mencapai 5 bulan. Tinggi puncak rahim yang melewati pusar dan hampir di tengah-tengah dada menunjukkan usia kehamilan sudah sekitar 7 bulan. Jika tinggi puncak rahim sudah mencapai dada, dapat dipastikan usia kehamilan 9 bulan.
Catatan: Cara ini agak sulit dilakukan pada wanita yang bertubuh gemuk.
Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Ultrasonografi (USG)
USG dapat menentukan usia kehamilan dan memperkirakan waktu kelahiran si kecil berdasarkan “gambar” janin yang muncul pada layar monitor dengan bantuan transducer .
Catatan: USG sering digunakan untuk melengkapi kepastian usia kehamilan. Meski biaya pemeriksaannya agak mahal, tapi tingkat akurasinya tinggi, yakni sekitar 95%.
Semoga informasi Cara Menghitung Usia Kehamilan diatas dapat membantu anda para ibu yang sedang mempersiapkan kedatangan sang buah hati, jangan lupa untuk terus berkonsultasi kepada dokter untuk mengawal masa kehamilan anda.

10out of 10 based on 41630 ratings. 1 user reviews.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Total Tayangan Laman