berita terbaru BLOGGER INDONESIA CINTA BATIK INDONESIA

Batik Indonesia Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia - Hai sobat !! kali ini allshare lagi ikutan Kontes Seo kecil kecilan nih,  yang bertemakan "Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia", nah, pertama kali kita melakukan pengenalan dulu dengan Batik.
Batik, motif kain yang diberi ke-khasan corak tertentu, dengan perpaduan warna yang memikat , menjadikan Batik memiliki nilai tersendiri di Indonesia, Bahkan sudah tersebar luas ke mancanegara.
Batik, yang mencirikan salah satu budaya indonesia yang cukup terkenal ini, sejak 2 Oktober 2009, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), menakjubkan bukan ? Blogger Indonesia harusnya Bangga dengan hal ini.




Cara Pembuatan Batik
Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Oh ya, tak sedap rasanya kalau kita , sebagai Blogger Sejati yang Cinta akan Budaya Batik Indonesia, tidak tahu sejarahnya Batik,
untuk itu, mari kita simak
Batik mulai berkembang pada zaman kerajaan Majapahit dan penyebaran Islam di Jawa. Pada awalnya, batik hanya dibuat terbatas oleh kraton. Hasilnya kemudian digunakan oleh raja dan keluarga kerajaan dan para pengikutnya. Kemudian, batik dibawa keluar istana oleh pengikut kraton. Dari pengikut kraton, batik mulai dikenal luas oleh masyarakat.


Menurut Tekniknya , Batik itu di Bagi menjadi 3, yaitu :
  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
Oke, ini dia Foto Foto Batik Indonesia yang Bagus Bagus



Batik IndonesiaBatik IndonesiaBatik IndonesiaBatik IndonesiaBatik Indonesia


Powered : DBP Indonesia

10out of 10 based on 41630 ratings. 1 user reviews.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Total Tayangan Laman